Senin, 07 Agustus 2017

Mahasiswa Wajib Baca!, 6 Tipe Dosen dan Cara Menghadapinya


Masuk ke dunia perkuliahan, kamu akan makin banyak hadapi tantangan bermacam. Dari mulai pertemanan, lingkungan orang-orang, lingkungan akademik, termasuk hadapi pengajar (dosen) yang tidak sama ciri-khasnya. Dosen juga manusia. Tak ada dosen yang prima seperti malaikat. Bila kamu temukan sifat dosen yang bisa saja berkesan aneh, maka kamu harus beberapa pandai menghadapinya.

Bila tidak, maka sukai tidak sukai, biasanya dapat mempengaruhi pada nilai kuliahmu. Kamu tidak ingin nilaimu buruk kan? Nah, simak 6 metode mengajar yang disenangi mahasiswa berikut ini ;

1. Dosen Normal 

Dosen normal yaitu type dosen yang umum saja, dengan gaya yang seperti orang biasanya. Terkadang telat, terkadang on time. Bila tidak dapat ada mengajar, akan berikan berita pada koordinator kelas. Di kelas pun, terkadang memberi kuis dan pekerjaan. Dan ketika tiba waktu ujian, bila kamu belajarnya benar dan beberapa benar-benar, kamu dapat dapet nilai A, bila belajarnya main-main, maka dapat nilai buruk.

2. Dosen Killer 

Dosen type ini akan mulai kelas lebih awal, dibarengi ketentuan ketat. Biasanya 5 menit sebelumnya kelas diawali, beliau telah duduk rapi di mejanya. Projector telah menyala, papan catat telah bersih dan spidol telah siap. Ketika saatnya tiba, kelas pun diawali. Beliau akan mengabsen mahasiswanya satu persatu. Bila kamu datang hanya 2 menit setelah tidak hadir usai, akan dipandang tidak ada kuliah. Ketika perkuliahan berjalan pun, semua terlihat memerhatikan dan mencatat. Tetapi ketika mendadak terdengar nada percakapan di belakang, maka bersiap terkena semprot.

3. Dosen Tua 
Dosen-dosen tua biasanya memiliki pengetahuan yang mendalam pada bagian studinya, dan memiliki segudang pengalaman untuk dibagi. Karena telah tua, biasanya mereka akan tidak aneh-aneh ketika mengajar. Dan biasanya kelas selesai sebelumnya saatnya karena dosen tua lebih cepat capek. Mereka juga relatif tidak pelit dalam soal berikan nilai. Kekurangannya hanya 1, karena mereka telah tua, biasanya kurang mengerti tehnologi. Ada yang masih tetap mengajar memakai OHP atau slide manual. Jikalau gunakan computer atau laptop, perlu waktu lama untuk menyalakannya.

4. Dosen Nyentrik 
Dosen nyentrik ini biasanya yang paling cepat diingat mahasiswanya, karena mereka miliki keunikan yang sangat aneh, namun relatif dipandang seru dan unik. Dosen yang langka, dari sisi tingkah laku ataupun tampilan. Misalnya dosen yang menyukai gunakan topi koboi atau bergaya casual pada saat mengajar, walau sebenarnya si dosen ini yaitu beberapa ayah. Gayanya tetaplah anak muda.

5. Dosen Gaib 
Dosen-dosen gaib itu biasanya miliki kerjaan beda selain mengajar di universitas. Dosen type ini hanya ingin ke universitas ketika ada jadwal mengajar. Berwajah juga jarang terlihat karena memang jarang standby di ruangannya. Hari pertama ada kelas, datangnya telat. Lalu hanya menerangkan materi kuliah singkatnya.

Ketika waktu ujian tiba, kamu pun belajar seadanya dari buku, karena sesungguhnya kamu dan rekan-rekan pun tidaklah terlalu memahami dengan mata kuliahnya karena beliau pun sering menghilang. Lalu setelah nilai keluar, kamu pun bingung mengapa nilaimu segitu. Biasanya, dosen type ini memberi nilai bagus pada mahasiswa.

6. Dosen Baik 

Defisini dosen baik itu singkat, padat dan terang, yakni dosen yg tidak beberapa macam dan sangat mudah berikan nilai A pada mahasiswa. Bila ada mahasiswa tidur di kelas, dosen type ini akan tidak geram. Malah akan dilewatkan saja, seandainya ketika ujian dia datang dan dapat menjawab semua masalah dengan baik.

Kamu sempat berjumpa dosen type mana saja?

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.