Kamis, 25 Januari 2018

Ini Adalah Peran dan Deskripsi Pekerjaan Dari Digital Marketing Manager

im2

jasa pembuatan website murah - Menurut data dari eMarketer, keseluruhan berbelanja iklan di Indonesia pada th. 2015 yaitu 12, 94 miliar dolar atau bila dirupiahkan sekitar 163 triliun rupiah. Angka itu naik sekitar 16% dibanding keseluruhan berbelanja iklan pada th. 2014. Namun meskipun angka itu naik, nyatanya persentase kenaikkan itu setiap th. makin turun. Diperkirakan pada 3 sampai 4 th. yang akan datang, kenaikkan keseluruhan berbelanja iklan juga akan makin alami penurunan.

Beberapa pakar mengatakan kalau lambatnya kenaikkan angka keseluruhan berbelanja ini disebabkan naiknya biaya digital marketing pada setiap perusahaan atau brand. Pada th. 2015, keseluruhan berbelanja iklan digital yaitu 950 juta dolar atau sekitar 12 triliun, 7. 3% dari keseluruhan berbelanja iklan. Angka itu diperkirakan juga akan naik sampai 20% pada th. 2018.

Tersebut kenapa saat ini peranan digital marketing manager sangat penting. Beberapa perusahaan besar atau kecil, dari tehnologi sampai pabrik memerlukan digital marketing manager untuk mengangkat marketing dari bagian digital. Saat ini, di beberapa client, tim Penulis. ID bekerja dengan seseorang digital marketing manager dari client itu.

Apa sich digital marketing manager itu? 
Digital marketing manager yaitu orang yang bertanggungjawab atas semua suatu hal yang berhubungan dengan marketing dan branding yang dilakukan dengan on-line. Apa sajakah lingkup dari ‘online’ yang ditangani oleh digital marketing manager ini? Dari mulai sosial media, blogs/kontent marketing, eBooks, aplikasi, video, dan mobile marketing (SMS/MMS). Pokoknya semua suatu hal yang berhubungan dengan internet, maka itu termasuk pekerjaan dari digital marketing manager.

Digital marketing manager juga akan tetaplah bekerjasama dengan tim marketing off line. Jadi mereka harus menyamai visi, mengenai apa sajakah yang ditangani marketing off line dan digital, agar apa yang di sampaikan dapat searah. Jadi untuk jadi seseorang digital marketing manager yang baik, Kamu harus dapat bekerja dalam tim dan bekerja bersama dengan cukup baik.

Ruang lingkup digital marketing manager 
Ruang lingkup digital marketing manager mencakup apa pun yang berhubungan dengan on-line. Jadi, Kamu harus betul-betul tahu element marketing yang berhubungan dengan on-line dan internet, terutama berita dan up-date perubahannya.

Media sosial 
Pasti sosial media adalah salah satu ‘makanan wajib’ seseorang digital marketing manager. Kamu harus tahu dengan terang bagaimana memakai semua basis yang tengah happening di sosial media. Ketika Kamu telah memahami, pasti Kamu juga akan tahu basis apa sajakah yang pas dipakai oleh perusahaan tempat Kamu bekerja. Misalnya kami mencontohkan perusahaan yang beroperasi di sektor makanan/restoran. Sosial media yang paling cocok untuk dipakai jadi promosi yaitu Instagram. Karena Instagram lebih memercayakan photo berbagi, jadi Kamu dapat memperkuat photo makanan yang bagus dan menarik.

Saat ini mari kita breakdown satu per satu, basis sosial media yang dapat Kamu pakai :

Facebook 
Telah dapat di pastikan, Facebook yaitu tempat marketing digital pertama yang perlu Kamu menuju. Dengan pemakai menjangkau 1 miliar di semua dunia. Dan di Indonesia sendiri, keseluruhan pemakai Facebook yaitu 79 juta. Itu bermakna Kamu memiliki calon konsumen atau calon pemakai product Kamu. Beriklan di Facebook sangat baik dan sampai saat ini masih tetap jadi pujaan beberapa digital marketing manager.

Twitter 
Twitter yaitu sosial media untuk Kamu sebagai digital marketing manager di sebuah perusahaan B2B. Kamu dapat memakai dengan melakukan tweet sederhana untuk menaikkan tingkat keyakinan calon pelanggan atau calon pemakai product Kamu. Twitter juga sering dipakai untuk ketahui yang dirasakan/masukan segera dari pelanggan.

LinkedIn 
Iklan di LinkedIn memang populer cukup mahal, karena mereka lebih terlalu fokus pada tujuan pemakai B2B. Namun bila Kamu memiliki biaya lebih untuk iklan berbayar, kami sangat merekomendasikan memakai LinkedIn jadi iklan berbayar.

Instagram 
Seperti yang kami katakan sebelumnya, Instagram juga akan sangat pas dipakai oleh Kamu yang memiliki product yang memiliki daya tarik visual tinggi. Jadi, Kamu dapat menonjolkan photo product untuk memikat calon konsumen atau calon pemakai product Kamu.

E-mail marketing 
E-mail marketing yaitu bagaimana memakai e-mail jadi alat marketing. Biasanya langkahnya yaitu memberikan feature subscription didalam situs perusahaan Kamu. Ketika telah memperoleh beberapa subscriber, baru Kamu menggerakkan e-mail marketing. Cara setelah itu yaitu bagaimana kekuatan Kamu membalas e-mail atau memfollow-up e-mail pada beberapa pelanggan Kamu.

Video 
Cara setelah itu yaitu Kamu dapat memakai video. Dengan makin banyak pemakai YouTube. Beberapa digital marketing manager telah mulai berlomba untuk memakai video jadi alat marketing mereka. Beberapa brand besar seperti Telkomsel, XL, Walls, dan beberapa brand yang lain sangat pintar dalam buat video yang pada akhirnya jadi viral.

Sesungguhnya untuk pasarkan video bukan sekedar lewat YouTube. Kamu dapat memakai media Facebook untuk pasarkan video yang sudah Kamu buat. Terlebih bila engagement di Facebook Kamu nyatanya lebih tinggi. Itu jadi keuntungan sendiri karena feature Berbagi dan Likes di Facebook cukup ampuh untuk buat kontent Kamu jadi viral.

Beberapa orang berasumsi kalau buat Video yang viral pasti harus memiliki biaya yang besar. Kamu cukup pikirkan rencana yang sederhana namun pesan dari video itu dapat tersampaikan. Makin sederhana video yang Kamu buat, juga akan makin bagus untuk audience Kamu.

Content Marketing 
Setiap digital marketing manager harus ketahui kalau inbound marketing yaitu alat yang terbaik untuk menarik traffic kedalam situs perusahaan. Tim Penulis. ID sering menolong digital marketing manager sebuah brand untuk buat situs (blog) diisi artikel yang menarik calon konsumen.

Catat rencana yang mendalam, untuk lihat mana saja artikel yang dapat selekasnya dipublish. Melindungi kwalitas artikel akan buat Kamu memperoleh traffic dari search engine. Jagalah selalu kwalitas artikel dan selalu up-date menulis situs (blog) Kamu. Bila Kamu tidak memiliki tim kontent sendiri, Kamu dapat memakai jasa kontent writer yang telah memiliki pengalaman seperti tim Penulis. ID.

Kesimpulan 
Kesimpulan yang dapat kita beri untuk Kamu yang berkemauan jadi seseorang digital marketing manager yaitu Kamu harus memiliki penelitian dan rencana yang kuat. Seseorang digital marketing manager tidak selamanya orang lulusan jurusan Computer, Marketing, atau Komunikasi. Apa pun jurusan Kamu, selama Kamu dapat memakai sosial media, tahu perubahan tren, dapat lihat sebuah peluang yang bagus, Kamu dapat jadi seseorang digital marketing manager yang bagus.

Selalu tetapkan rencana dan tujuan yang teratur juga akan melindungi kwalitas digital marketing perusahaan Kamu. Tanyakan rencana Kamu pada sesama karyawan atau atasan Kamu. Input mereka pasti juga akan menolong Kamu dalam buat perencaan yang lebih mendetail.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.